Langsung ke konten utama
MODUL SIDIG
Pengertian LOGIKA dan ALOGARITMA dengan Fungsinya
Coretan Waktu - pengertian Logika dan Alogaritma, tentu kamu sudah pernah mendengarnya, atau bahkan mengenalnya, tetapi tidak tahu pengertian dan fungsinya, kali ini akan saya jelaskan secara singkat, saya tidak menjelaskan dalam bentuk soal, tetapi maksud dan fungsinya, berikut di bawah ini :
Apa itu "LOGIKA"
. Penalaran atau bentuk pemikiran yang masuk akal.
. ilmu yang diberikan prinsip-prinsip yang harus diikuti agar dapat berfikir valid menurut aturan.

.  LOGIKA dalam Ilmu pengetahuan
Logika merupakan sebuah ilmu pengetahuan dimana objek materialnya adalah berfikir(khususnya penalaran /proses penalaran) dan objek formal logika adalah berfikir/pebalaran yang di tinjau dari segi ketepatanya.
. LOGIKA dalam matematika murni
Logika masuk kedalam kategori matematika murni karena matematika adalh logika yang tersistematisasi ,matematika adalah pendekatan logika pada metode ilmu ukur yang menggunakan tanda tanda/symbol symbol matematika (logika simbolik).
LOGIKA
Diperkenalkan pertama kali oleh Aristoteles (381-322 SM)
Definisi Logika
1.penalaran atau bentuk pemikiran.
2.ilmu yang memberikan prinsip-prinsip yang harus diikuti agar dapat berfikir valid menurut aturan yang berlaku.
TAHAP PENYELESAIAN MASALAH
Fungsi dari LOGIKA
. Membentuk setiap orang yang mempelajari logika untuk berfikir secara rasional , kritis,lurus,ketat,tertib,dan metodis.
. Meningkatkan kemampuan secara format dan objektif.
. Menambah kecerdasan dan meningkatkan kemampuan berfikir secara tajam dan mamdiri.
. Memaksa dan mendorong untuk berfikir sendiri dengan menggunakan akses akses sistematis.
. Meningkatkan cinta akan kebenaran dan menghindari kesalahan berfikir , kekeliruan, serta kesesakan.
. Mampu melakukan analisis terhadapsuatu kejadian.
Apa itu "ALOGARITMA"
             Alogaritma adalah urutan penyelesaian masalah yang di deskripsikan secara logis untuk memecahkan suatu masalah. Dalam ilmu komputer Alogaritma dikenal dengan langkah-langkah komputasi yang terdiri dari masukan dan keluaran. Karena itu Alogaritma biasanya dijadikan dasar atau pengantar bahasa pemrograman (misalnya Pascal) dalam study yang berkecimpung atau berhubungan dengan ilmu komputer. Misalnya Teknik Informatika.
                Seperti yang telah diketahui bahwa komputer memerlukan instruksi yang berupa langkah-langkah pengurutan sehingga sebuah prosedur dapat dijalankan.Nah, prosedur yang berisi langkah-langkah penyelesaian masalah inilah yang disebut dengan Algoritma.Jadi, Sebelum masuk kepada tahap pemrograman komputer dengan bahasa pascal/lainnya ada baiknya mempelajari Algoritma yang merupakan pengantar kepada pemrograman komputer tersebut.
             Algoritma terdiri dari beberapa notasi yaitu Deskriptif,Bagan-alir,dan Pseudo-Code.Namun yang paling mirip dengan bahasa pemrograman pascal adalah notasi Pseudo-Code.Karena pada notasi sedikit menyerap bahasa pascal.Meskipun tidak semua tata cara penulisan/aturan dalam bahasa Pascal diikuti.Algoritma dalam notasi ini sangat cocok untuk lebih mudah memahami atau menjalankan pemrograman dalam bahasa Pascal.
              Dalam matematika dan ilmu komputer, algoritma adalah prosedur langkah-demi-langkah untuk perhitungan.Algoritma digunakan untuk perhitungan,pemrosesan data, dan penalaran otomatis.
ALGORITMA
Diperkenalkan Oleh Ahli Matematika : Abu Ja'far Muhammad Ibnu Musa Al Khawarizmi.
Seorang ilmuan Persia yang menulis kitab al jabr w'al muqabala (rules of restoration and reduction) sekitar tahun 825 M.
Definisi Alogaritma
1. Langkah - langkah yang dilakukan agar solusi masalah dapat diperoleh.
2. Suatu prosedur yang merupakan urutan langkah-langkah yang berintegrasi.
3. Suatu m etode khusus yang dilakukan menyelesaikan suatu masalah yang nyata. ( Webster Dictionary )
Kriteria Pemilihan Algoritma
1.Ada Output,
2.Efektifitas dan Efisiensi,
3.Jumlah Langkahnya Berhingga,
4.Berakhir,(SEMI ALGORITMA)
5.Terstruktur,

          Suatu Algoritma yang terbaik (The Best):"Suatu Algoritma harus menghasilkan output yang tepat guna (efektif) dalam waktu yang relatif singkat & penggunaan memori yang relatif sedikit solusi ataupun tidak ada solusinya."Contoh:
Sebuah prosedur ketika akan mengirim surat kepada teman:
1)Tulis surat pada secarik kertas surat
2)Ambil sampul surat atau amplop
3)Masukkan surat ke dalam amplop
4)Tutup amplop surat dengan lem perekat
5)Tulis alamat surat yang dituju,jika tidak ingat,lebih dahulu ambil buku alamat & cari  alamat yang dituju,lalu tulis alamat tersebut pada amplop surat
6)Tempelkan perangko pada amplop surat
7)Bawa surat ke kantor pos untuk diserahkan pada pegawai pos atau menuju ke bis surat untuk memasukkan surat ke dalam kotak/bis surat.

Komentar